Pelatihan Aplikasi Digital SIPEKAP (Sistem Informasi Penunjukan dan Evaluasi Kantor Akuntan Publik)

Pelatihan Aplikasi Digital SIPEKAP (Sistem Informasi Penunjukan dan Evaluasi Kantor Akuntan Publik)
Referensi:
  • 1. POJK No. 9 Tahun 2023 tanggal 11 Juli 2023 tentang Penggunaan Jasa Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik dalam Kegiatan Jasa Keuangan
  • 2. SEOJK No. 18/SEOJK.03/2023 tanggal 06 November 2023 tentang Tata Cara Penggunaan Jasa Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik dalam Kegiatan Jasa Keuangan
  • 3. Sosialisasi OJK pada hari Selasa tanggal 14 Pebruari 2023 yang diselenggarakan secara Zoom tentang Implementasi Aplikasi Pelaporan Online OJK (APOLO) Laporan Penunjukkan dan Evaluasi Atas Pemberian Jasa AP/KAP

Menunjuk perihal dan referensi di atas dengan ini kami menyampaikan penawaran Pelatihan Tatap Muka Aplikasi Digital SIPEKAP untuk Menyusun dan Menyampaikan Laporan Penunjukan dan Realisasi Penggunaan Jasa Akuntan Publik (AP) dan Kantor Akuntan Publik (KAP) sesuai informasi sebagai berikut.

I. Latar Belakang
Mengacu pada POJK No. 9 Tahun 2023 tanggal 11 Juli 2023 di Bab V pasal 12 ayat 1 da SEOJK No. 18 yang baru diterbitkan tanggal 06 November 2023 pada butir V halaman 13 menyebutkan bahwa Industri BPR wajib menyampaikan laporan:

  • a. Penunjukan AP dan KAP; dan
  • b. Realisasi penggunaan jasa AP dan KAP

secara daring (online) melalui sistem pelaporan Otoritas Jasa Keuangan (APOLO). Untuk lebih memudahkan BPR dan BPRS dalam menyampaikan Laporan dimaksud secara benar dan lengkap sesuai ketentuan maka dibutuhkan tool digital yaitu Aplikasi SIPEKAP (Sistem Informasi Penunjukan dan Evaluasi Kantor Akuntan Publik dan Akuntan Publik).

II. Tujuan Training
Training ini bertujuan untuk:

  • a. Menyusun Laporan Penunjukan dan Realiasi Penggunaan jasa AP dan KAP
  • b. Mempermudah BPR untuk menyampaikan Laporan Realisasi Penggunaan Jasa AP dan KAP menggunakan Aplikasi Digital. Cukup 1 (satu) klik Validasi Sukses di APOLO.

IV. Software / Aplikasi Online SIPEKAP, Fitur dan Manfaat
Adalah Aplikasi berbasis Teknologi Digital untuk mempermudah BPR dalam menyusun dan menyampaikan Laporan Penunjukan dan Evaluasi pemberian jasa Akuntan Kantor Akuntan Publik dan Akuntan Publik ke OJK Melalui APOLO.

Fitur dan Manfaat Aplikasi SIPEKAP:

  • 1. Penunjukan KAP / AP (PKAP) Menyusun Laporan Penunjukan KAP/ AP
  • 2. Realisasi Pemberian Jasa AP / KAP (EKAP) Menyusun Laporan Realisasi atas Pemberian jasa KAP/AP
  • 3. Generator File Kirim Otomasi Pembentukan file Kirim APOLO
  • 4. 1 Klik Validasi APOLO Cukup 1 Klik Validasi Sukses

V. Akses Level User Aplikasi Online SIPEKAP
Aplikasi SIPEKAP terdiri atas 2 (dua) akses level, yaitu User Inputer dan Approval.

VI. Biaya Investasi
Biaya Investasi Pelatihan dan Aplikasi SIPEKAP sesuai dengan informasi pada tabel di bawah ini :

  • Rp. 2.750.000,- Biaya Pelatihan 1 Peserta/BPR + 1 Aplikasi Digital SIPEKAP
  • Rp. 1.000.000,- Biaya Pelatihan untuk tambahan 1 Peserta

Biaya transfer ke :

  • Nama Bank : Bank Mandiri KCP Rawamangun
  • Nomor Rekening : 006-00-0775649-1
  • Atas Nama : Yayasan Perbarindo Jakarta.

Catatan : Biaya Online dan Pemeliharaan data Aplikasi Online SIPEKAP Rp. 125.000,- per 1 (satu) User ID per tahun. Terdapat 2 User ID yang terdiri atas Inputer dan Approval (Direksi) menjadi Rp. 250.000 per tahun dan akan ditagihkan Rp. 125.000,- setiap 6 bulan melalui Aplikasi BPR Go Digital Modul SIPEKAP.

VII. Pelaksanaan Pelatihan :

  • Hari/tanggal : Jum’at, 8 Desember 2023
  • Tempat : Hotel Asyana Kemayoran Jakart Jl. Bungur Besar Raya No. 79 – 81 Kemayoran Jakarta Pusat 10620, Telphon (021) 4210111
  • Waktu : Pukul 08:30 sd 16:00 WIB
  • Perlengkapan : Peserta membawa Laptop

Formulir pendaftaran selambat-lambatnya kami terima hari/tanggal Rabu, 6 Desember 2023 kirim kembali ke Yayasan Perbarindo Jakarta disertai bukti transfer kirim keemail yapindo_jakarta@yahoo.co.id

Informasi Pendaftaran dapat menghubungi :
Hadiansyah : Hp/Wa – 0858-9121-8018
Selo : Hp/WA - 0852-1644-3339
Dul Sakum : Hp/Wa – 0813-8238-4950

Share :