Training Online Aplikasi Online SIPAPUPPT Sistem Informasi Penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

Training Online Aplikasi Online SIPAPUPPT Sistem Informasi Penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme

Referensi:
1.POJK No. 23/POJK.01/2019 tentang Perubahan atas POJK No. 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program APU dan PPT di Sektor Jasa Keuangan tanggal 30 September 2019
2.POJK No. 12 /POJK.01/2017 tentang Penerapan Program APU dan PPT di Sektor Jasa Keuangan tanggal 21 Maret 2017
3.SE OJK No. 31 /SEOJK.01/2019 tentang Pedoman Pemblokiran Secara Serta Merta Atas Dana Nasabah di Sektor Jasa Keuangan Yang Identitasnya Tercantum Dalam Daftar Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal tanggal 26 Desember 2019
4.SE OJK No. 32 /SEOJK.03/2017 tentang Penerapan Program APU dan PPT di Sektor Perbankan tanggal 22 Juni 2017

Menunjuk referensi dan perihal tersebut di atas, dengan ini kami hendak menyampaikan Surat Penawaran Pelatihan Online Aplikasi Online SIP-APUPPT (Sistem Informasi Penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme) Berbasis Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Penerapan APU dan PPT pada BPR sesuai informasi sebagai berikut:

I.Pengantar
Penyedia Jasa Keuangan khususnya sektor Perbankan sangat rentan terhadap kemungkinan digunakan sebagai sarana pencucian uang dan pendanaan terorisme. OJK melalui serangkaian Ketentuan yang mengatur mewajibkan Industri BPR untuk mendukung pencegahan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dan tindak pidana pendanaan terorisme (TPPT) serta pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal (PPSPM).

Melalui pelatihan dan penggunaan Aplikasi Online SIP-APUPPT diharapkan dapat meningkatkan kualitas penerapan program APU dan PPT pada Industri BPR dan sekaligus pemenuhan terhadap ketentuan regulator di mana Fitur Aplikasi SIP-APUPPT secara khusus dirancang untuk mendukung:
1.Penilaian peringkat profil risiko nasabah (CRR – Customer Risk Rating) yang hendak membuka rekening pada Bank. Selanjutnya memelihara dokumen penilaian profil risiko nasabah baru maupun mengkinikan penilaian profil risiko nasabah eksisting.
2.Ketersediaan pangkalan data DTTOT (Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris) dan PPSPM (Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal) yang terkini (update)
3.Penyusunan dan Pemantauan Nasabah Berisiko Tinggi (High Risk Customer)
4.Pembuatan Laporan Rencana Pengkinian Data (CIF) ke OJK
5.Penyusunan Laporan Realisasi Rencana Pengkinian Data (CIF) ke OJK
6.Penyusunan Laporan Penerapan Program APU-PPT ke Direksi dan tembusan ke Dewan Komisaris (Catatan : Laporan Penerapan APU-PPT sering ditanyakan oleh OJK pada saat pemeriksaan BPR).

II.Tujuan Training :
a.Meningkatkan budaya sadar risiko pencucian uang, pendanaan terorisme pada pegawai BPR terutama pegawai Teller, Customer Service, Operasional dan Pemasaran.
b.Meningkatkan teknik mitigasi risiko terhadap area dan profil yang rentan dengan pencucian uang dan pendanaan terorisme bagi PE / SK Kepatuhan / Bagian APU-PPT
c.Memberikan panduan penerapan prinsip Customer Due Diligence (CDD) dan Enhanced Due Diligence (EDD) untuk diaplikasikan relevan dengan kebutuhan Industri BPR
d.Memanfaatkan penggunaan Aplikasi Online SIP-APUPPT untuk mengembangkan metode pendekatan berbasis risiko (RBA - Risk Based Approach) guna melakukan pengukuran risiko APU dan PPT.

III.Rencana Pelaksanaan Outline Training :
Berikut adalah rencana pelaksanaan dan outline Training sesuai informasi pada tabel di bawah ini:

Training Online Pelatihan Aplikasi Online SIP-APUPPT (Sistem Informasi Penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme) Berbasis Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Penerapan APU dan PPT pada BPR

Metode

:

  • Training Online (Zoom)
  • Pemaparan Materi dan Diskusi
  • Praktek Aplikasi Online SIP-APUPPT

Outline

:

  1. Penerapan Program APU-PPT pada BPR
  2. Hasil Penilaian Risiko TPPU pada Sektor Perbankan
  3. Tipologi Pencucian Uang
  4. Hasil National Risk Assessment (NRA) Tindak Pidana Pendanaan Terorisme
  5. Memahami Tindak Pidana Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (PPSM)
  6. 5 (Lima) Pilar Penerapan APU-PPT
  7. Customer Due Diligence (CDD) dan Enhanced Due Diligence (EDD)
  8. Memahami cara melakukan risk assessment APU PPT berbasis risiko (RBA - Risk Based Approach)
  9. Memformulasikan Penilaian Tingkat Risiko Nasabah (CRR - Customer Risk Rating)
  10. Penyusunan Laporan Rencana dan Realisasi Pengikinian Data CIF
  11. Pembuatan Laporan Penerapan APU-PPT
  12. Praktek Aplikasi Online SIP-APUPPT

Fasilitator

:

  1. Fernando A. Siahaan, S.E., M.M dan Tim Konsultan dan Trainer Perbankan
  2. Bersertifikat Manajemen Risiko Level 1 dari BSMR (Badan Sertifikasi Manajemen Risiko) dan Manajemen Risiko Level 2 dari LSPP (Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan)
  3. Berpengalaman sebagai Regional Internal Control and Compliance, Risk and Business Control, Internal Auditor dan Kepala Cabang di salah satu Bank BUMN.

Peserta

 

Diharapkan dapat diikuti oleh 2 (dua) Peserta, yaitu:

  • Front Liner (Customer Service / Teller)
  • Staf BPR yang membuka rekening nasabah baru dengan melaksanakan penilaian atas profil risiko nasabah menggunakan Aplikasi SIP-APUPPT
  • Mengikinikan penilaian profil risiko nasabah eksisting.
  • Pejabat Eksekutif yang Menangani APU – PPT
  • Pejabat yang menganalisis penilaian risiko tindak pidana Pencucian Uang dan/atau tindak pidana Pendanaan Terorisme terkait dengan Nasabahnya dan
  • Memastikan adanya sistem yang dapat mengidentifikasi, menganalisa, memantau dan menyediakan laporan secara efektif mengenai profil Nasabah yang bertransaksi

 

Adalah Aplikasi Online Berbasis Teknologi Digital untuk membantu BPR dalam meningkatkan kualitas Penerapan APU dan PPT pada BPR dalam menilai tingkat risiko Nasabah dan membantu BPR memelihara pangkalan data DTTOT (Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris) dan daftar Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (PPSPM) serta ketersediaan form- form pendukung pelaporan penerapan APU-PPT.

Manfaat Aplikasi Online SIP-APUPPT ini adalah sebagai berikut:
1.Efisien
Mempercepat penilaian terhadap pemeringkatan Risiko Nasabah dan pemantauan terhadap nama yang tercantum dalam DTTOT dan daftar PPSPM.
2.Efektif
Menghasilkan Laporan Customer Risk Rating (CRR) secara harian atau secara periodik hasil Penilaian Risiko Nasabah dengan Pendekatan Berbasis Risiko (RBA)
3.User Experience
Kepuasan pengalaman pengguna sangat diperhatikan dengan perpaduan warna dan teks interface yang menarik
4.Fleksibilitas Tinggi
Aplikasi berbasis online, di mana pun dan kapan pun (24 jam per hari, 7 hari seminggu) dapat diakses dengan mudah dan lancar

IV.Biaya Investasi
Biaya paket pelatihan dan Software / Aplikasi Online SIP-APUPPT sesuai dengan informasi di bawah ini:
1.Biaya Paket Pelatihan 2 Peserta + 1 Aplikasi Online SIP-APUPPT Rp. 2.600.000,00
2.Biaya Paket Pelatihan 3 Peserta + 1 Aplikasi Online SIP-APUPPT Rp. 3.200.000,00
3.Biaya Paket Pelatihan 4 Peserta + 1 Aplikasi Online SIP-APUPPT Rp. 3.800.000,00

Catatan:
Biaya Online dan Pemeliharaan data Aplikasi Online SIP-APUPPT Rp. 50 ribu/ bulan yang akan ditagihkan melalui Aplikasi BPR Go Digital Modul SIP-APUPPT.

Pembayaran Training Online dilakukan melalui transfer :
Nama Bank : Bank Mandiri KCP Rawamangun
Nomor Rekening : 006-00-0775649-1
Atas Nama : Yayasan Perbarindo Jakarta.

Pelakasanaan Training Online :
Hari/Tanggal : Senin, 17 April 2023
Waktu : Pukul 09:00 – 12:00 Istirahat & Lanjut 13:00 sd 15:00 WIB
Metode : Training Online menggunakan Aplikasi ZOOM

Formulir pendaftaran selambat-lambatnya kami terima hari/tanggal Jum’at, 14 April 2023 kirim kembali ke Yayasan Perbarindo Jakarta disertai bukti transfer kirim keemail yapindo_jakarta@yahoo.co.id


 

Share :